Home » » Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Written By Catatan Mpuh on Senin, 17 Juni 2013 | 05.28

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah ekonomi dalam jangka panjang. Hal ini telaah secara ringkas. Dalam bab ini hal itu akan dibincangkan dengan lebih mendalam. Pertumbuhan ekonomi yang pesat merupakan fenomena penting yang dialami dunia hanya semenjak dua abad belakangan ini. Dlam periode tersebut dunia telah mengalami perubahan yang sangat nyata aapabila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Sampai abad ke-18 kebanyakan masyarakat di berbagai negara masih hidup pada tahap subsiten dan mata pencarian utamanya adalaah dari melakukan kegiatan di sektor pertanian, perikanan atau berburu.

Ditinjau dari segi ekonomi, perkembangan ekonomi dunia yangberlaku semenjak lebih dua abad yang lalu menimbulka dua efek penting yang menggalakan yaitu : (i) kemakmuran atau taraf hidup masyarakat makin meningkat, dan (ii) ia dapat menciptakan kesempatan kerja yang baru kepada penduduk yang terus bertambah jumlahnya. Isu mengenai pertumbuhan ekonomi yang selalu diperhatikan dalam analisis makroekonomi adalah masalah kelesuan pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu. Dalam bab satu dan beberapa bab lain telah dinyatakan bahwa pada umumnya berbagai ekonomi mengalami pertumbuhan yang lebih lambat daripada tingkat pertumbuhan yang secara potensial dapat dicapainya. Efek dari keadaan tersebut, perekonomian tidak selalu mencapai kesempatan kerja penuh dan masalah pengangguran merupakan tantangan yang selalu harus dihadapi dan diatasi dalam waktu panjang.

Analisis mengenai pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam teori makroekonomi. Analisis itu pada dasarnya memperhatikan tentang kegiatan ekonomi negara dalam jangka panjang, dalam membicarakan mengenai pertumbuhan ekonomi dua hal penting perlu diperhatikan, yaitu :
Faktor faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara.
Teori teori yang menerangkan faktor penting yang menentukan pertumbuhan.

Beberapa Konsep Mengenai Pertumbuhan Ekonomi

Dalam bab-bab yang telah banyak dinyatakan berbagai konsep yang erat hubungannya dengan perkembangan ekonomisuatu negara. Istilah istilah seperti pertumbuhan ekonomi (economic growth), pembangunan ekonomi (economi development) tingkat kemakmuran atau taraf hidup masyarakat .

Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan ekonomi

Dalam analisis ekonomi perlu dibedakan arti pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Edua konsep ini memiliki pengertian yang berbeda.

Pertumbuhan Ekonomi

Dari hal-hal yang telah diterangkan dapat dikatakan bahwa istilah Pertumbuhan ekonomi menerangkan atau mengukkur prestasi dari perkembangan sesuatu ekonomi. Dalam kegiatan perekonomian yang sebenarnya pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan fiskal produksi barang dan jasa yang berlaku disuatu negara, seperti pertambahan jumlah produksi barang industri, perkembangan infrastruktur, pertambahan jumlah sekolah, pertambahan produksi sektor jasa dan pertambahan produksi barang dan modal. Tetapi dengan menggunakan berbagai jenis data produksi adalah sangat sukar untuk memberi gambaran tentang pertumbuhan ekonomi yang dicapai.

Pembangunan Ekonomi

Banyak orang yang selalu keliru dalam menggunakan istilah pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Sebenarnya kedua istilah mempunyai arti yang sedikit berbeda. Keduanya memang menerangkan mengenai perkembangan ekonomi yang berlaku. Tetapi biasanya mereka digunakan dalam konteks yang berbeda. Pertumbuhan digunakan sebagai suatu ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan suatu negara yang diukur melalui persentasi pertambahan pendapatan nasional riil.

Istilah pembangunan (economic development) biasanya dikaitkan dengan perkembangan ekonomi dinegara-negara berkembang. Sebagian ahli ekonomi mengartikan istilah ini sebagai berikut : economic development is growth plus change- yaitu pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi.

Dengan perkataan lain, daalam mengartikan istilah pembangunan ekonomi, ahli ekonomi bukan saja tertarik kepada masalah perkembangan pendapatan riil, tetapi juga kepada moderanisasi kegiatan ekonomi, misalnya kepada usaha merombak sektor pertanian yang tradisional, masalah mempercepat pertumbuhan ekonomi dan masalah perataan pembagian pendapatan. Perbedaan penting lainnya adalah : dalam pembangunan ekonomi tingkat pendapatan perkapita terus-menerus meningkat, sedangkan pertumbuhan ekonomi belum tentu diikuti oleh kenaikan pendapatan Per kapita.

Sumber :

Sukirno, Sadono (2004). Teori Pengantar Makroekonomi. Jakarta. PT Raja Grafindo persada
Tolong sebarkan di >> :

0 komentar:

Poskan Komentar

- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content

 
Support : Copyright © 2011. CATATAN HARIAN DENMPUH - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger